RSS

Selasa, 22 April 2014

Keindahan Pantai Balekambang Malang

Salah satu pantai tersohor di Malang yang pastinya juga sudah sangat familiar di telinga Ngalamers adalah Pantai Balekambang. Pantai yang yang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, sekitar 65 km di selatan kota Malang ini merupakan objek wisata favorit warga Malang. Serunya, pantai ini tidak memiliki batu karang, jadi ombak yang datang akan langsung menuju ke pantai dan menerpa kaki-kaki Ngalamers. Pantai Balekambang akan menjadi sangat ramai khususnya pada bulan Suro, dimana terjadi upacara Suroan dan Jalanidhi Puja yang merupakan upacara adat yang selalu diadakan di pantai ini.


Daya tarik Pantai Balekambang selain pantainya yang membentang 2 km adalah sebuah pura yang megah yang terletak di Pulau Ismoyo. Ngalamers dapat menuju ke pura ini dengan mudah karena adanya sebuah jembatan panjang yang menghubungkan bibir pantai dengan pura. Tapi perlu diingat bahwa wanita yang sedang datang bulan dilarang memasuki kawasan pura, karena pura ini dianggap sebagai tempat suci yang digunakan ibadah umat Hindu. Ada sebuah kepercayaan yang beredar, jika Ngalamers melanggar aturan ini maka Ngalamers akan dirasuki oleh roh penunggu pura. Selain Pulau Ismoyo dengan pura-nya, Pantai Balekambang juga memiliki 2 pulau lainnya, yaitu Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni.

Duduk-duduk di bawah pohon rindang atau bermain pasir dan air laut adalah kegiatan yang umum dilakukan para wisatawan yang mengunjungi pantai ini. Selain itu, Ngalamers juga bisa beristirahat di bungalow sederhana yang ada di sekitar pantai. Bagi Ngalamers yang suka camping, Balekambang juga menyediakan bumi perkemahan. Fasilitas pendukung lainnya antara lain kolam renang, rumah makan, kios cinderamata, tempat informasi, mushola, pendopo, serta tempat parkir yang luas.

Untuk menuju ke Pantai Balekambang, Ngalamers bisa menempuh dua rute yang berbeda. Satu yaitu lewat Kecamatan Gondanglegi dan Kecamatan Bantur baru ke Desa Srigonco. Rute lainnya yaitu dengan melewati Kecamatan Kepanjen, kemudian ke arah Pagak. Dari Pagak, Ngalamers bisa mengambil jalan yang mengarah ke Kecamatan Bantur.

Namun sayangnya jalan menuju Pantai Balekambang ini tergolong buruk sehingga Ngalamers perlu berhati-hati jika berkendara. Hal ini karena di beberapa bagian jalan sudah rusak parah dan penuh lubang yang tentunya akan sangat berbahaya jika Ngalamers tidak berkonsentrasi. 

Jika Ngalamers sudah merasa jenuh dengan keramaian Pantai Balekambang. Ngalamers bisa berjalan kaki sedikit menuju Pantai Kondang Merak karena keindahannya dan suasananya yang tenang sungguh sayang untuk Ngalamers lewatkan.




0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Welcome ^_^ 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .